Fasilitas Pengadilan

Menunggu untuk dikoreksi

Fasilitas

GEDUNG PENGADILAN

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terletak Jl. Gajah Mada No 17, Jakarta Pusat. Gedung kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terdiri dari 4 lantai yang berdiri diatas lahan tanah seluas 3.473 m2 dan luas bangunan 1.376 m2.

Pengadilan-Pengadilan khusus di bawah PN Pusat diantaranya adalah Pengadilan Niaga yang terletak di gedung PN Pusat, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi terletak di Jl. HR. Rasuna Kav. C.19 dan Pengadilan Hubungan Industrial yang terletak di Jl. MT. Haryono.

JAM KERJA

Jam kerja Pengadilan adalah seperti yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 68 Tahun 1995:

Senin – Kamis

07.30 – 16.00

Istirahat 12.00 – 13.00

Jumat

07.30 – 16.30

Istirahat 11.30 – 13.00

LOBI DEPAN

Lobi depan merupakan pintu masuk ke dalam gedung utama Pengadilan dimana terdapat Ruang Rapat, Ruang Ketua Pengadilan, dan Ruang Panitera/Sekretaris. Fasilitas yang terdapat di lobi depan dilengkapi dengan perlengkapan keamanan ( metal detector ) yang terletak di pintu masuk. Untuk mendaftarkan perkara niaga, pendaftaran dilakukan di lantai 3 Ruang Administrasi Niaga melewati lodi depan.

LOBI SAMPING

Lobi samping merupakan akses bagi publik untuk masuk ke dalam gedung utama Pengadilan. Akses ini diperuntukkan bagi publik untuk dapat menuju ke ruang sidang yang terletak di lantai 2 dan 3, ruang kepaniteraan perdata untuk mendaftar perkara perdata, ruang kepaniteraan pidana, serta ruang pendaftaran eksekusi. Area lobi samping ini dilengkapi dengan papan-papan informasi seperti kalender sidang, nomor perkara yang akan disidangkan dan informasi-informasi yang berhubungan dengan perkara-perkara di Pengadilan.

RUANG SIDANG

Jumlah ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terdiri dari 8 ruang sidang, termasuk Ruang Sidang Peradilan Anak yang terletak di gedung belakang lantai II.

Berikut adalah daftar ruang sudang di lantai 2 dan lantai 3 gedung Utama Pengadilan:

Nama Ruang Sidang

Lantai

Ruang Sidang MR. R. Wirjono Prodjodikoro

II

Ruang Sidang MR.DR.R. Koesoemah Atmadja

II

Ruang Sidang Mudjono, SH

II

Ruang Sidang Purwoto Gandasubrata, SH

II

Ruang Sidang Prof. R. Subekti, SH

III

Ruang Sidang Prof. Oemar Seno Adji

III

Ruang Sidang: Sarwata, SH

III

RUANG SIDANG ANAK

Ruang sidang anak terletak di lantai 2 gedung belakang Pengadilan. Ruangan ini dilengkapi dengan ruang tunggu yang diperuntukkan bagi para pihak yang berperkara maupun kerabat yang menemani.

RUANGAN RAPAT VERIFIKASI

Ruang rapat verifikasi digunakan sebagai ruang rapat bagi para kreditur setelah putusan perkara kepailitan dinyatakan oleh Pengadilan. Ruangan ini terletak di lantai 3 gedung utama Pengadilan.

RUANG PANITERA MUDA PERDATA

Pendaftaran perkara perdata umum, baik gugatan maupun permohonan, dilakukan di ruang Panitera Muda Perdata yang terletak di lantai 1 area umum.

RUANG ADMINISTRASI NIAGA

Khusus untuk perkara niaga, pendaftaran dilakukan di ruang administrasi niaga yang terletak di lantai 3. Ruangan ini juga dipergunakan untuk membaca berkas Pengadilan dimana pihak bersangkutan turut menjadi salah satu dari pihak yang berperkara. Selain itu ruangan ini juga diperuntukkan untuk menyerahkan tambahan dokumen atas berkas perkara yang ada atau perkara yang baru.

RUANG PANITERA MUDA PIDANA

Ruangan Panitera Muda Pidana berfungsi sebagai tempat administrasi perkara pidana dan penyimpanan buku register perkara pidana.

RUANG PANITERA MUDA HUKUM

Panitera Muda Hukum bertanggung jawab atas pembuatan semua laporan data perkara. Laporan bulanan, triwulan, dan tahunan semua perkara disimpan dalam ruangan ini.

RUANG ADMINISTRASI TILANG

Ruangan ini berfungsi sebagai tempat menyelesaikan administrasi perkara pelanggaran lalu lintas, termasuk tempat dilakukannya pembayaran denda/tilang yang terletak di area belakang lantai 1 Pengadilan.

RUANG SUB BAGIAN UMUM

Ruang ini berfungsi sebagai tempat untuk mengajukan surat yang tidak terkait dengan proses berperkara. Ruangan Sub Bagian Umum terletak di lantai 1 melalui lobi samping Pengadilan.

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan terletak di lantai 3 gedung utama Pengadilan. Perpustakaan ini lebih diperuntukkan bagi pegawai Pengadilan dan juga dapat digunakan oleh para siswa yang sedang melakukan penelitian atau bagi para kuasa hukum/pengacara.

RUANG TAHANAN

Di area belakang Pengadilan terdapat tiga Ruang Tahanan yang diperuntukkan bagi para terdakwa untuk menunggu waktu sebelum persidangan bagi mereka dimulai. Ruang tahanan tersebut adalah: Ruang Tahanan Wanita, Ruang Tahanan Dewasa dan Ruang Tahanan Anak .

AREA TUNGGU

Area tunggu tersedia di ketiga lantai gedung utama Pengadilan. Area tunggu lantai 1 berada di dekat papan-papan informasi Pengadilan, area tunggu lantai 2 terletak di sepanjang koridor di depan ruang sidang. Area ini merupakan area terbuka yang dilengkapi dengan tempat duduk, begitu pula dengan area tunggu di lantai 3. Dilarang merokok dalam area ini.

TEMPAT MEROKOK

Pada dasarnya seluruh area Pengadilan adalah kawasan dilarang merokok. Namun disediakan tempat untuk merokok di lantai 1 halaman samping, lantai 2 dan lantai 3 yang terletak di koridor ruang sidang.

TOILET UMUM

Toilet umum terletak di koridor lantai 2 dan 3 (sama dengan koridor ruang sidang).

FOTOCOPY

Sarana fotokopi bagi staf Pengadilan dan publik tersedia di area belakang Pengadilan lantai 1.

KANTIN

Kantin terletak di area belakang Pengadilan.

MASJID

Masjid terletak di area belakang Pengadilan.

TEMPAT PARKIR

Tempat parkir tersedia untuk kurang lebih 15 mobil dan motor dan diperuntukkan hanya untuk staf Pengadilan. Untuk area parkir umum disediakan di depan gedung Pengadilan yang terletak di sisi Jalan Gajah Mada.

%d bloggers like this: